SAMBALADO BAGI ORANG MINANG




Masakan padang atau minang memang terkenal dengan banyaknya lauk pauk yang diolah menggunakan cabe / lado. Salah satunya adalah Sambalado. Sambalado berasal dari dua kata yaitu samba dan lado. Samba memiliki arti lauk pauk. Biasanya orang padang atau minang mengindonesiakan kata samba dengan kata sambal. Sementara itu dalam bahasa indonesia sambal bisa berarti cabe yang telah diolah untuk dijadikan lauk.

Lado berarti cabe. Jadi sambalado adalah sambel yang bahan dasarnya adalah cabe. Jenis cabe yang digunakan yaitu cabe kriting. Baik itu yang muda / masih hijau ataupun yang masak / merah.

Olahan Sambalado dalam makanan padang atau minang ada banyak macamnya antara lain :

Sambalado Matah (sambel mentah); Cabe diulek dengan bawang merah, garam, terkadang dikasih minyak kelapa, air perasan jeruk setelah itu disajikan untuk langsung disantap.

Sambalado Abuih (sambel rebus); Cabe yang terlebih dahulu di rebus setelah itu diulek dengan bawang merah mentah, tomat, air asam sundai / jeruk nipis. Dan langsung di sajikan. Biasanya di temani dengan rebusan terong dam atau ikan asin.

Sambalado Goreng (sambel goreng); Diolah dengan cara menggoreng semua bahan. Contoh yang sering ditemui di restoran atau rumah makan padang antara lain sambalado ikan teri, sambalado ati ampela, samba lado, dll.

Sambalado Uwok
Cabe yang telah diulek dicampur dengan air nasi yg sudah mendidih dan diletakkan ditengah nasi yang sedang dimasak. Nasi matang, sambel pun matang. Ada juga yang mencampurkan irisan tulang sapi ke dalam sambal.

Bisa juga cabe / lado, bawang dan tomat diletakkan di atas nasi yang sudah dikeringkan airnya. Jika dianggap sudah cukup, kemudian di angkat dan di giling secara bersamaan (terkadang ditambahkan ikan teri atau ikan asin bakar dan digiling secara bersamaan).

Samba Lado Tanak banyak dimasak para kaum ibu di rumah mereka masing-masing di daerah sekitar Kabupaten Tanah Datar. Samba lado tanak merupakan masakan yang diolah dari bahan-bahan cabe yang sudah digiling, santan kelapa yang sudah dimasak, ikan teri, petai / jengkol, telur yang di rebus kemudian dicampur rempah-rempah lain, dan dimasak di kuali dengan api dari bara kayu bakar.

Cabe atau lado merah bisa dikatakan bahan makanan pokok bagi orang Minang. Rata-rata masakan Padang mengandung cabe, sebut saja apa nama masakannya. Anda bisa intip di rumah makan Padang yang banyak tersebar di tanah air. Mulai dari rendang, kalio, sampadeh ikan atau daging, pangek, soto, dan makanan berkuah lainnya. Bila tidak mengandung cabe merah, dipastikan ada cabe hijau atau cabe rawit di dalamnya. Pendek kata hampir semua masakan diberi cabe termasuk telur balado, dendeng balado, ayam goreng balado, dan palai (pepes).

Tidak hanya di rumah makan. Di rumah tangga pun setiap hari masakannya juga mengandung cabe. Kalau makan tidak ada cabenya,  serasa belum makan. Begitu yang kerap saya dengar. Jadi kalu harga cabe naik, hal Ini akan membuat resah banyak rumah tangga di Sumatera Barat. Kegelisahannya bisa jadi melebihi kenaikan harga BBM.