PALAI BADA MASAKAN MINANG SAISUAK


Kategori
:
Pepes / Palai
Bahan Utama
:
Ikan Teri Basah
Bahan Tambahan
:
Tidak ada
Kemasan Berat
:

a. 100 gram

Rp. 40.000
b. 200 gram

Rp. 75.000
c. 600 gram

Rp. 200.000
Harga

Di luar Ongkir
Pilihan Rasa
:
Tidak Pedas & Pedas



Palai Bada adalah sebuah makanan tradisional masyarakat minang. Palai bada terbuat dari campuran ikan teri, kelapa parut, cabe dan bumbu-bumbu lainnya, setelah itu dibungkus dengan daun pisang dan dibakar diatas bara tempurung. Tidak memakai penyedap rasa dan lain-lainnya yang berbau kimia, betul-betul alami. Bagi orang minang biasanya Palai Bada ini dijadikan sambal sebagai teman makan nasi yang masih panas, ditemani dengan sambal dan rebusan daun singkong atau lalap mentimun.

Palai adalah istilah umum untuk masakan Minang yang dibungkus dengan daun pisang kemudian dibakar di atas bara api, ya mirip dengan pepes lah. Lauk yang biasa dipalai adalah ikan (sehingga namanya palai ikan), meskipun ada juga yang mempalai ayam. 


Lauk yang akan dipalai dibalur dengan parutan kelapa yang sudah dibumbui dengan aneka bumbu seperti bawang merah, bawang putih, kunyit, lengkuas, dan jahe. Perasan jeruk nipis ditambahkan untuk membuat bumbu-bumbu tadi harum. Ikan yang sudah dicampur dengan parutan kelapa tadi lalu dibungkus dengan daun pisang lalu dikukus. Setelah pengukusan, masakan tadi masih perlu dibakar di atas bara api untuk menciptakan sensasi harum. 


Dikarenakan begitu nikmat dan menggugah seleranyanya si Palai Bada ini sehingga menginspirasi seorang seniman Ranah Minang untuk menciptakan sebuah lagu dengan judul "Palai Bada".